Saturday, December 4, 2010

cup pizza.

jadi judulnya beberapa waktu yang lalu saya sibuk manggang-manggang berbaga macam makanan, dari kue sampai ikan bakar panggang maksudnya hehehe..
terus kemarin ini sempet stop manggang-manggang beberapa waktu, beberapa minggu
sampai liat-liat resep kue di tabloidnova.com
hehehehehhee..
terus keinginan buat manggang-manggang iseng muncul lagi
passsss banget kemaren itu pengen makan pizza hehuehuehue tapi males beli hahahahaa (bilang aja pelit)

naaaahh nemu tuh resep ini PIZZA IN A CUP 
pas dibaca resepnya, ehhhh gak perlu ragi dan segala macem yang rumit
hajaaarrrr langsung semangat 45 bikin wahahhaha...
(pengalaman horor bikin donat panggang pake ragi kok serasa makan donat rasa ragi T_T)

dan karena ga sabar proses bikin sesuatu yang pake ragi (nunggu lama, ulenin, nunggu lagi, ulenin lagi, ahh letih)

akhirnya saya putuskan hari itu juga pokoknya mau makan pizza! *niat banget*

seperti biasa, saya paling males print resep hahahaha!
secara resepnya ga ribet, saya tongolin aja di laptop di atas meja 
alhasil ya mondar mandir beberapa kali dari dapur ke meja laptop
sudah biasa hahaha..

berikut resep lengkapnya:


Bahan:
5 sdm minyak zaitun
75 gr bawang bombai, cincang
2 siung bawang putih, cincang
200 gr daging cincang
100 gr keju cheddar , parut
150 gr nanas, cincang
50 gr paprika hijau, potong kotak kecil
50 gr paprika merah, potong kotak kecil
2 btr telur, kocok lepas
75 gr mentega, lelehkan
180 gr tepung terigu
2 sdt baking powder
2 sdt oregano  bubuk
1 sdt garam
½ sdt lada bubuk
1 sdt mentega, untuk olesan

Cara Membuat:
1. Panaskan oven 180 derajat Celsius. Oles cetakan muffin  dengan sedikit mentega, sisihkan.
2. Panaskan minyak zaitu, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum dan matang. Masukkan daging cincang, aduk rata, masak sampai berubah warna. Angkat dan dinginkan.
3. Campur tumisan daging dengan sisa bahan, aduk rata.
4. Tuang adonan ¾ tinggi cetakan muffin. Panggang 20 menit atau sampai matang. Angkat dan sajikan hangat.


gampang kan?
jelasss!
saking gampangnya saya seenak jidad maen bikin-bikin aja hari itu, gak cek persediaan bahan hahaahah!!!!
dengan pede merasa semua bahan ada
begitu buka kulkas jeng jeng jengggg!!!!!!!! HAMPIR GA ADA SEMUA BAHAN! T__T
karena saya cerdas (cieeeee pede)
bukan cerdas karena emang LALAI PERMANEN, sering mau bikin-bikin tapi bahan kurang, biasa saya modifikasi resep seenaknya hahaha..
THERE ARE MANY WAYS TO ROME
kalau indonesianya, TAK ADA ROTAN AKARPUN JADI
hahahahaha!

jadi di kulkas saya nemu:
keju parut, fillet dada ayam yang saya marinate lebih dari 1 minggu untungnya belom basi, bakso ayam..
aha! kenapa gak bikin pizza modifikasi?
saya pernah makan roasted chicken pizza dan itu enak banget
jadi karena otak saya bilang GO, ya hayook masak!

berikut resep modifikasi (hahah!):
5 sdm minyak zaitun
2 siung bawang putih, cincang
1 cup bayam, cuci bersih
2 butir telur, rebus sampai matang lalu kupas dan potong dadu kecil-kecil
3 sdm mayonaise
2 sdm saos tomat
1 sdt gula pasir
200 gr marinated chicken breast
100 gr keju cheddar , parut
2 btr telur, kocok lepas
75 gr butter, lelehkan
170 gr tepung terigu
2 sdt baking powder
1 sdt garam
½ sdt lada bubuk
1 sdt butter, untuk olesan

Cara Membuat:
1. Panaskan oven 180 derajat Celsius. Oles cetakan muffin  dengan sedikit butter leleh, sisihkan.
2. Panaskan minyak zaitu, tumis bawang putih sampai harum dan matang. Nah karena pizza saya modifikasi, masaknya juga lebih sedikit repot, karena niat banget membagi toppingnya jadi 3 macam: ayam panggang, bakso ayam, telur, bayam.
untuk ayam panggang: karena ayamnya sudah saya marinate, saya potong dadu kecil-kecil, lalu saya masak dengan bawang putih cincang sampai setengah matang.
untuk bakso ayam: tumis dengan cincangan bawang putih sampai matang
untuk bayam: tumis dengan bawang putih sampai matang
untuk telur: rebus sampai matang, potong dadu kecil, aduk rata dengan mayonaise, saos tomat, dan gula pasir
3. Campur semua bahan adonan (tepung terigu, keju parut, telur, garam, lada, baking powder, dan lelehan butter) sampai rata, bagi menjadi 4 bagian, masing-masing untuk tiap topping, aduk rata.
4. Tuang adonan ¾ tinggi cetakan muffin. Panggang 20 menit atau sampai matang. Angkat dan sajikan hangat.

*untuk resep marinate ayam panggangnya:

1 sdm five spices (kalau gak salah ini tuh bumbu ngohiong yah)
garam lada secukupnya
2 sdm gula palem
1 sdm kecap asin

masukkan ayam ke ziplock bag, masukkan semua bahan, ratakan
masukkan kulkas minimal 30menit (makin lama makin enak)

dan ini hasil modifikasi suka-suka:


review rasa:
dari segi rasa sih mirip-mirip sama pastry gitu malah ketimbang pizza hahahahahahahaha
tapi enak karena saya pakai cetakan muffin ukuran kecil, jadi imut-imut pizza in a cup nya hahaha...
terus juga lumayan ngenyangin karena ada kejunya dan isinya full hehehe..
kalau mau makan bisa tinggal dipanasin aja kok, terus jadi deh buat sarapan simple, cepet, ngenyangin

oh P.S.:
emang dari awal males ikut resep karena saya gak doyan nanas :p

No comments: