Friday, November 26, 2010

Self-employed.

sehubungan dengan hal yang papa saya katakan, dengan gak bermaksud untuk menyinggung orang-orang yang berpikir bahwa "bekerja adalah keinginan dari hati yang paling dalam"
benar saya setuju bahwa BETUL, bekerja di perusahaan atau apapun yang berhubungan dengan bekerja untuk orang lain, bukan suatu hal yang buruk atau hal yang salah untuk dilakukan.
itu benar

tapi saya datang dari dua latar belakang yang berbeda
papa saya, beliau dulu sempat bekerja untuk orang lain tapi kemudian beliau menikmati waktunya saat bekerja untuk diri sendiri, yang pada akhirnya papa membuka usaha sendiri.
yang berarti suatu hal yang bagus dan sepertinya ada di dalam darah saya
papa pernah bilang, gak bermaksud untuk menyinggung atau menyindir apalagi nyari ribut sama orang yang kerja di perusahaan atau orang yang kerja untuk orang lain, bahwa mereka itu sama aja kek pembantu. pembantu dalam artian bahwa mereka gak bebas dan lagian penghasilannya gak sebagus yang punya usaha sendiri (kalau sukses)

di lain pihak, mama saya sudah bekerja untuk perusahaan-perusahaan selama hidupnya
yang bukan berarti hal yang buruk juga, sesuatu yang pernah saya coba sesekali waktu saya masih kuliah, walau cuma sebagai pegawai paruh waktu, saya tau banget gimana rasanya kerja sama orang (sama perusahaan)
ya mungkin sih ga sebanding sama apa yang mama saya rasakan hahahaha!

tapi, saya sendiri milih untuk kerja sendiri, membangun sesuatu yang baru dan mudah-mudahan bisa membawa kebaikan dan kesenangan untuk orang lain (untuk apapun yang saya jadikan tujuan)

jadi apa yang sudah saya kerjakan? saya sudah memikirkan beberapa hal yang mau saya "bangun"
saya gamau menyebut apa itu sekarang karena saya punya kepercayaan aneh klo tiap kali saya kasih tau kabarnya ke orang biasanya malah berantakan rencananya haha..
jadi biarin dulu aja saya menyelami ini sendiri dulu, kalau semuanya sudah beres dan pasit jadi, saya MAU banget kasih kabarnya sama kalian semua (:

jadi yang mau saya lakukan untuk mendukung orang lain dengan membuat post ini adalah sebenernya banyak cara untuk memperbaiki diri kita sendiri atau juga untuk memberikan ego kita kesempatan untuk semakin berkembang kalau memang memiliki usaha sendiri adalah keinginan hati kita yang sebenernya. hehehe...

saya tahu beberapa orang takut untuk mengambil kesempatan untuk menggapai impian dan cita-citanya seperti yang sudah saya bahas di post sebelumnya, René Suhardono - Your Job Is Not Your Career
yang pada dasarnya membahas tentang bagaimana sebagian orang merasa takut untuk mengambil kesempatan karena mereka memiliki tanggungan dan beban yang tidak bisa dihiraukan (misalnya keluarga)
tapi sebenernya ga ada yang bisa mencegah kita untuk melakukan apa yang kita suka sekalipun kita punya tanggung jawab yang sangat besar, misalnya memberi makan keluarga.
kalau kita benar-benar serius menginginkan sesuatu yang kita cintai, maka saya yakin 10000000000% kalau jagad raya ini akan mendukung kita dan membuat apa yang kita inginkan menjadi kenyataan.

jadi berikut ini adalah artikel dari http://www.tabloidnova.com/
sebenernya artikelnya dibagi jadi dua bagian (gatau kenapa) tapi saya jadiin satu di bawah ini

Yuk Membuka Usaha Sendiri Pt. I and  Yuk Membuka Usaha Sendiri Pt. II

Rabu, 3 Februari 2010
Yuk, Membuka Usaha Sendiri 
Mungkin Anda tidak puas dengan penghasilan yang Anda dapatkan. Atau mungkin Anda masih punya waktu luang di luar pekerjaan utama? Bila Anda merasakan hal itu, mungkin Anda mulai berpikir membuka usaha sendiri di luar pekerjaan utama.
Kita biasa menyebut usaha ini sebagai usaha sampingan. Kalau sekarang Anda ikut mencari penghasilan dalam keluarga, berarti Anda punya dua sumber penghasilan.
Jika usaha ini makin lama makin tumbuh besar, Anda bisa memilih untuk konsentrasi di usaha Anda sendiri atau menyerahkan pengelolaan pada orang lain. Sehingga Anda bisa punya lebih banyak waktu untuk diri
Anda sendiri, sementara pemasukan terus berjalan. Jadi, usaha sendiri bisa memberikan Anda kebebasan waktu dan uang. Enak kan? Bandingkan dengan apabila Anda bekerja pada orang lain.
Tetapi merintis usaha sendiri tidak segampang itu. Awalnya, Anda harus terlibat penuh dalam usaha tersebut. Anda harus merancang sistemnya, mengatur siapa saja orang-orang yang akan membantu, bagaimana usaha itu bisa berjalan, bagaimana memasarkan, dan lain sebagainya.
Bahkan boleh dibilang, pada awal membuka usaha sendiri membutuhkan usaha yang lebih keras dibanding bila Anda bekerja pada orang lain. Tetapi jika usaha itu sudah mulai berjalan dengan baik, Anda pelan-pelan bisa mulai meninggalkannya dan membiarkan usaha tersebut berjalan dengan sendirinya.

[kalau saya sendiri sih saya ga punya pekerjaan tetap, dalam artian saya melakukan freelance, paruh waktu, dan proyek sendiri, jadi membangun usaha yang baru adalah sesuatu yang saya bisa lakukan dengan bebas tanpa harus ragu atau takut atau merasa punya tanggung jawab.
bahkan artikel ini mendukung orang yang bekerja tapi juga pengen punya usaha sendiri, bagus kan? coba pikirkan betapa menggodanya usaha sendiri itu?]

BILA INGIN MEMBUKA USAHA SENDIRI
Sekarang, apa sih yang harus Anda perhatikan kalau ingin membuka usaha sendiri?
1. Bidang Usaha
Tentukan lebih dulu, bidang usaha macam apa yang ingin Anda jalankan. Apakah Anda ingin menjalankan usaha rumah makan kecil? Atau apakah Anda ingin membuka toko aksesoris seperti Tini, atau justru ingin membuka sebuah butik? Bagaimana kalau toko suvenir yang menjual pernik-pernik lucu seperti gelas-gelas lucu atau semacamnya? Bisa juga kan? Pada prinsipnya, semua bidang usaha tersebut bisa dibagi menjadi:

Bidang usaha yang jarang atau belum ada.
Beberapa dari Anda mungkin ragu bila ingin memulai bidang usaha yang belum ada atau masih jarang dilakukan. Tapi itu bukan berarti Anda tidak akan sukses. Tengok Aqua. Ketika pertama kali diperkenalkan, banyak orang ragu apakah Aqua bisa berhasil di pasaran, padahal belum pernah sebelumnya ada pengusaha yang menjual air minum dalam botol. Bahkan pada awalnya banyak yang mencibir: apa ada orang yang mau membeli air dengan harga lebih mahal dari bensin? Apalagi kita bisa memasak air minum sendiri di rumah. Nyatanya Aqua sukses besar.
Bidang usaha yang sudah banyak dilakukan
Bisa juga Anda memulai Bidang Usaha yang sudah banyak dilakukan. Kalau tadi banyak orang ragu untuk memulai bidang usaha yang baru, tapi di lain pihak banyak juga orang yang ragu untuk memulai bidang usaha yang sudah banyak dijalankan. Sebagai contoh, banyak wanita yang ragu untuk membuka butik, karena di sekitarnya sudah banyak yang melakukannya.
Sebenarnya, walau butik Anda baru berdiri, tapi kalau baju-baju yang Anda jual mempunyai kelebihan atau ciri khas dibanding pesaing Anda, selalu ada peluang untuk berhasil. Belum lagi faktor pelayanan yang baik, walau usaha ini banyak pesaingnya, maka peluang berhasil tetap terbuka.

Butik BIG milik seorang artis bernama Hughes misalnya, cukup laku juga tuh. Itu karena butik itu memiliki spesialisasi khusus, yaitu hanya menjual baju yang diperuntukkan bagi wanita yang memiliki berat badan ekstra.

[yang saya lakukan pada dasarnya menggabungkan dua kategori di atas, saya mengamati dan melakukan riset apa yang sudah ada di luar sana, saya cari kelemahan mereka untuk menjadikannya sesuatu yang lebih dan menghasilkan di bisnis saya. contohnya saja bisnis perhiasan, saya lakukan riset dan mengamati apa yang ada di pasaran (di tempat dan di internet) dan saya rincikan apa saya yang kurang dari tiap-tiap bagian. misalnya saja desain perhiasan di pasaran (toko-toko) itu terlalu monoton, ga ada yang spesial dan saya suka sesuatu yang khusus didesain untuk saya saja, jadi yang saya lakukan adalah saya memutuskan untuk membuat produk handmade dan membuatnya terbatas, jadi orang yang beli produk saya akan merasa spesial dan ga takut untuk ketemu orang lain terus liat produk yang sama dipake, saya benci banget hal itu. dan sekarang saya juga merencanakan sesuatu yang baru yang belum ada di indonesia, terutama di jakarta

lagi-lagi saya sendiri sebagai contoh, saya sudah menjalani berbagai macam hal berbeda sejak saya pulang ke indonesia. saya kerjain perhiasan, mengerjakan berbagai macam proyek desain, saya bahkan nyobain manggang dan masak sebagai kesempatan untuk dapetin uang, dan terakhir ini saya lagi menyusun rencana untuk bisnis besar dan semuanya saya mulai dari yang kecil dulu, untuk mengetahui apakah saya bisa menangani atau tidak dan untuk meyakinkan diri saya sendiri bahwa saya bisa bertanggung jawab dan memanage bisnis kecil-kecilan dahulu]

2. Lokasi
Di mana Anda ingin membuka lokasi usaha Anda? Di rumah sendiri? Atau Anda ingin menyewa sebuah tempat kecil di pinggir jalan? Atau Anda ingin menyewa sebuah ruko? Jangan lupa bahwa dalam beberapa jenis bidang usaha, lokasi memegang peranan yang cukup penting. Anda sendirilah yang harus menentukan lokasi mana yang tepat dalam usaha Anda. Sekali lagi, lokasi memegang peranan yang sangat penting.

3. Pelanggan
Bagaimana Anda mendapatkan pembeli barang dagangan Anda? Atau bila itu usaha jasa, bagaimana cara Anda akan mendapatkan klien? Apakah Anda akan memulainya dengan mempromosikannya dari mulut ke mulut? Ataukah Anda akan membuat brosur dan meye-barkannya dari rumah ke rumah?
Beberapa orang yang saya kenal mempromosikan usahanya dengan memasang plang di depan tempat usahanya. Ada juga yang mempromosikan usahanya dengan memasang iklan kecil di koran. Atau, kenapa Anda tidak mencoba memasang iklan Anda di internet? Internet terbukti merupakan media yang ampuh dalam menjaring pembeli, walaupun mungkin tidak semuanya.
Yang terpenting di sini adalah Anda sudah harus tahu terlebih dahulu tentang bagaimana cara Anda dalam mendapatkan pembeli atau klien dari usaha Anda. Bila tak ada pembeli, tak akan ada penjualan. Bila tak ada penjualan, maka usaha Anda tidak cukup berhasil. Sederhana sekali.

[hal ini sangat sangat penting, saya mengerjakan perhiasan di rumah, berpikir untuk memasarkannya online (toko online facebook dan website), tapi rupanya akhir-akhir ini saya belum perlu memasarkan secara online karena produk saya sudah laku dengan cara dijual ke orang-orang :D *senangnyaaa*]


4. Tenaga Kerja
Berapa orang yang akan Anda pekerjakan? Apakah hanya Anda sendiri yang bekerja di situ? Apakah Anda juga mempekerjakan sejumlah orang dalam usaha Anda? Mungkin ada baiknya kalau Anda mulai dengan jumlah tenaga kerja yang sedikit lebih dahulu. Nanti bila usaha Anda makin berkembang, Anda mungkin akan membutuhkan sejumlah tambahan orang yang bisa Anda pekerjakan.
Ada bagusnya bila Anda juga mempekerjakan anggota keluarga Anda. Seperti anak Anda (bila mereka sudah cukup umur tentunya), atau mungkin suami Anda. Dengan mempekerjakan mereka, maka secara tidak langsung mereka juga akan mempunyai rasa ikut memiliki dalam usaha tersebut. Dengan adanya rasa memiliki dari para anggota keluarga, maka dukungan yang diberikan kepada Anda untuk menjalankan usaha tersebut bisa makin besar.

5. Perencanaan Keuangan
Banyak usaha yang bangkrut karena kehabisan uang tunai. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk memperhitungkan jumlah modal awal yang sebaiknya Anda miliki untuk bisa menjalankan usaha Anda. Alangkah baiknya apabila modal tersebut bisa mencukupi untuk membayar pengeluaran perusahaan selama 12 bulan ke depan.
Selain modal awal, apa yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat perkiraan arus kas selama 12 bulan ke depan. Perkiraan arus kas adalah perhitungan yang menggambarkan berapa perkiraan arus keluar masuk uang tunai dalam usaha Anda. Sama seperti modal, maka alangkah baiknya kalau Anda memiliki perkiraan arus kas selama 12 bulan ke depan. Dengan demikian, dalam setahun ke depan, usaha Anda diharapkan tidak akan bangkrut hanya gara-gara kehabisan uang tunai.

Di samping hal-hal di atas, ada hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan sehubungan dengan gaya berdagang Anda. Memang ada pepatah yang mengatakan bahwa orang baik bahagia hidupnya. Tapi dalam bidang usaha, terlalu baik hati bisa menciptakan sejumlah hambatan. Dan memang banyak pemilik usaha kecil yang terlalu "baik" dalam menjalankan usahanya, seperti:
- Mereka terlalu mengalah terhadap partner atau langganannya
- Mereka menetapkan harga yang pas-pasan saja atas produk dan jasa yang dijualnya
- Mereka terlalu baik hati dan kurang tegas terhadap bawahannya
- Mereka merasa ada sesuatu yang salah, kotor atau tak bermoral kalau mereka mendapatkan uang, keuntungan atau kesempatan.
Karena itu, hindari hal-hal seperti itu. Pengusaha yang baik tidak berlaku baik, tetapi berlaku adil. Adil terhadap partner atau pelanggannya, adil terhadap harga barang dan jasa yang dijualnya, adil terhadap bawahannya, dan tentu saja adil terhadap dirinya sendiri.
Terakhir, yang paling penting, ada satu hal yang harus ada di benak Anda sebelum memulai usaha sendiri, yaitu: SIAP UNTUK GAGAL. Rencanakan keberhasilan Anda, tetapi bersiaplah untuk gagal. Sehingga apabila Anda betul-betul gagal, Anda tidak akan down .
Dok.NOVA

[ini dia tantangannya,
- Mereka terlalu mengalah terhadap partner atau langganannya
saya banget nih
- Mereka menetapkan harga yang pas-pasan saja atas produk dan jasa yang dijualnya
hahaha juga saya banget
- Mereka terlalu baik hati dan kurang tegas terhadap bawahannya
untung belon punya bawahan hehehe
- Mereka merasa ada sesuatu yang salah, kotor atau tak bermoral kalau mereka mendapatkan uang, keuntungan atau kesempatan.
aaaaah saya sekali!!! so me so me!

rasanya jadi pengen nyeletuk, "aduh" hahaha..
karena saya paling gak bisa sebenernya berurusan sama yang duit-duit gitu. kalo bisa ngasih gratis sih rela deh hahaa.. *bodoh sekali*, cuma saya belajar untuk memulai sesuatu dari yang kecil dulu, seperti kali ini jualan perhiasan, saya benar-benar berusaha untuk tidak terlalu "baik" dalam memberi harga.. karena berat jujur untuk memberi harga pada setiap perhiasan yang saya buat, karena semua bener-bener handmade dan limited, idenya itu mahal sekali dan rasanya kalau terlalu murah kok kelewatan tapi kemahalan takut gak laku hehehe... tapi saya selalu mulai dari yang sedang-sedang saja, sudah balik modal dan dapat untung sekian persen aja udah lebih dari cukup dan yang penting sekarang adalah usahanya berjalan dulu. ahhahahaha... ada sebuah kalimat yang saya baca (lupa baca dimana), katanya mulailah dari harga terendah yang bisa kamu pikirkan, daripada awalnya harga tinggi lalu nantinya malah semakin rendah. jadi prinsip saya sih (mudah-mudahan kesampaian) dari harga yang sekarang nantinya bisa melonjak. AMIN!]



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Regarding to the issue once my dad told me,it's not that i am trying to insult everybody who thinks that "working is my passion"
indeed i agree to certain extend that YES, working with company or anything deals with WORKING for someone, is not a bad thing to do or a wrong thing to do
it is correct
it is right
it is okay
trully okay

but i came from two different background
my dad, he once worked for someone but then he found that he enjoys the time working for himself, in other way he finally ended open his own business
which is good and which is apparently in my blood
my dad once did tell me, not to insult people nor to offend people, that people who work in a company, or work for other people equal to slavery, in a way that it's not a freedom to work for people, moreover the earning isn't as good as having own business (of course the successful one)

in a contrary, my mom has been working in company(s) for her lifetime
which is not bad as well, something i tried once and twice while i was doing my study, though it was as part time, i know exactly what does it feel like to work for people (for company)
well maybe it's not compared to what my mom feels hahahahah!

but anyway! i, myself prefer to work for myself, establishing something that is genuine and hopefully would bring goodness and happiness for people (for anything that i am aiming for)

so what have i done? i managed to think couple things i'd like to "build"
well i am not going to mention it now since i have this kind of weird belief that, everytime i share something i am planning, most of the time it ruins everything haha..
so let me dive in this matter by myself first, when everything is confirmed and done, i'd LOVE LOVE LOVE to share it with you all (:


so what i want to encourage people in this post is that there is actually a way to improving ourselves or even feeding our ego when our passion is actually in building our empire hehehe..

i know some people are just too afraid to take risk in reaching their passions and dreams.
as it is mentioned in my previous post, René Suhardono - Your Job Is Not Your Career
which is basically talking about how some people are scared to do what they want because of several issues that cannot be ignored (e.g.: family)
but really what can stop us from doing what we like even if we have a responsibility, great responsibility to feed mouths in the family? nothing.
if we are truly passionate about what we want, i believe the universe will 100000000% support you and make it comes true

so there's this article in http://www.tabloidnova.com/
well actually the article is split in two pages (idk why they split it though), but i put it in one whole unity here

|Let's Start Our Own Business|

|maybe you are not satisfied with what you earn right now or maybe you still have spare time outside your main job? if you feel that, maybe you can start to think establishing your own business outside your main job.
we usually call it as side business. if you are currently part of money earner in the family, it means you have two sources of money. 
if this business grows bigger, you can choose to concentrate in your own business or hand in the managing to other people. so you can have more time for yourself meanwhile your income keeps going on.
so, own business can give you freedom and money. isn't it good? compare it to when you work for other people.
but establishing own business isn't that easy. at first, you have to purely involve in the business.
you have to plan the system, manage who you want to be helped with, how will the business keep going on, how to market it, etc.  
let's say, opening new business for the first time takes a lot harder work compared to when you work for people. but if the business is going well, you will slowly detach from it and let it flow by itself.|

[as for me, i do not have a solid job, as in i do freelance, part time, and self-project. so building a new business is entirely something i can do freely without really having doubt or fear or burden. isn't it good that this article also supporting people who are working as well as wanting to have their own business? see how tempting it is?]

|If You Want To Open Own Business|

|Now, what do you have to pay attention when you want to own a business?
1. Type of Business
Decide first what kind of business you want to establish. do you want to own small restaurant? or do you want to have accessory shop, or do you want to own a boutique? what if a souvenir show that sells cute things like cute glasses or such things? it could be, right? basically every type of business can be split into:

Rare/New Genuine Business 
Some of you might be having doubt when you are about to start a new business field that has not available yet or rarely be done. but it does not mean that you could not be success. Aqua for example. when the first time it was introduced, many people had doubt if it could be successful in the market, never before an entrepreneur selling bottled mineral water. even at first, so many mocked: is there anybody wanting to buy water that costs more than fuel? thus we can boil drinking water at home. but apparently Aqua gain success.

Already Available/Done Business 
You can also start a business that has been done so many times. if people were having doubt to start a new genuine business, in other hand, so many people were having doubt as well to start an already done business. for example, so many women are having doubt to open boutique, because there are so many of it around them.
actually, even if a new boutique opens, but if your items have advantages or uniqueness compared to your competitor, there's always a shot to succeed. not to mention a good service factor, even if this business has a lot of competitors, the chance to succeed is still open wide.

BIG boutiqe by seleb named Hughes for example, isn't that bad. because it has special uniqueness, which is only selling clothes that are made for women with extra pounds.|

[again, myself as example, i have been dealing with lotsa different things since i came back to indonesia. i did the jewelry thingy, i did different design projects, i even tried baking and cooking as a chance in earning money, and lately yes i have been developing the plan for THE big business. and i started from small thing, to make sure whether i could handle it or not and to make sure that i am responsible enough to handle my (small) business..
 
what i do is basically a mix of the two categories, i observe and research the already available business out there, and then i find their weaknesses to make it into a profitable my own business.
in example: my jewelry business. i did research and observe what happens in the market (both on the spot and online searching) and i jot down things that are lacking in each sections. for example, usually the jewelry design in the market (common shop) is too monotone, in such way that nothing is really special and myself, i like special thing designed for me JUST FOR ME, so what i did was i decided to hand-made my products and to make it limited, so people who buy it will feel special and not bother to meet other people and see the exact same design of jewelry as they are wearing, uhh i hate that, really! and currently i also planning the new and genuine business that has not been here in indonesia, at least in jakarta.]

|2. Location
Where would you like to open your business? in your own house? or do you want to rent a small venue by the street? or do you want to rent a shop? just don't forget that in some business fields, location plays a crucial role. you, yourself have to decide where is the perfect location for your business. once again, location plays an important role.|

|3. Customer
How do you get customer to purchase your products? or if it's a service business, how do you get your client? Will you start it by promoting it people to people? or will you make a brochure and distribute it door to door? some people whom i know, promoting their business by putting banner in front of their place. some are promoting by putting small advertisement in newspaper. or, why don't you put your ads in the internet? internet is proven as the best media in getting customer, though it might not all.
what's most important here is that you have to know first about how do you want to get customer or client from your business. if there is none, there is no sale. if there isn't sale, so your business isn't going well. as simple as that.|

[this is truly crucial, okay i do the jewelry in my house, think of publishing it online (facebook online shop and website), but apparently recently i need not to publish it online just yet since my products are almost sold out by distributing it to people :D *happy*]

|4. Worker
how many people will you hire? is there only you who works there? will you also work some people in your business? maybe it's good if you start by small numbers of workers at first. when your business has grown, you would probably need extra number of workers that you can hire.
it's good if you can hire your own family member. like your child (if they're qualified of course), or maybe your husband. by hiring them, unconsciously they will have a sense of owning the business as well. by having that, the support that will be given to you will be greater.|

|5. Fund Planning
many businesses are closed because they run out of cash. therefore it is important for you to calculate the initial fund which is good for you to have so that you can run your business. it'll be good if the money can fulfill all payments of the company for the next 12 months.
beside of that, what you have to do is that to make a cash flow for the next 12 months. cash flow is a calculation of what describes a probability how big the credit and income in your business. just like the capital, it is as important as to have cash flow for the next 12 months. by doing that, for the next 1 year, your business is hopefully will not be closed just because you run out of cash.

besides all of those things, there are other things you need to pay attention to, regarding to your trading style. there's a saying says, kind people have happy life. but in business, too kind can create obstacles. and indeed so many small business owners too "kind" in doing their business, such as:
- they are too give in to their customers
- they put an average price for their products and services they provide
- they are too kind-hearted and not firm to their workers
- they feel something is wrong, dirty or immoral if they get money, profit or chance
therefore, please avoid those things. GOOD ENTREPRENEUR DOES NOT ACT KIND, BUT ACT FAIR. FAIR TO THEIR PARTNER OR CUSTOMER, FAIR TO THE PRICE OF THEIR PRODUCTS AND SERVICES THEY PROVIDE, FAIR TO THEIR WORKERS, AND OF COURSE FAIR TO THEMSELVES.
last but not least, the most important thing, one thing that should be in your mind before starting your own business is that: READY TO FAIL. plan your success, but also prepare to fail so that if you are really fail, you won't break down.|
[so here's the challenge,
- they are too give in to their customers
so me
- they put an average price for their products and services they provide
hahaha yeah it's me
- they are too kind-hearted and not firm to their workers
lucky me i have not had any workers yet hehe
- they feel something is wrong, dirty or immoral if they get money, profit or chance
hahahahahahha it's so me me me me!

i feel like saying "ouch" hahaha..
because i really can't deal with money thingy. if i could give something free, i'd love to hahahaha *moron*, but i try to learn from something small, like this jewelry business, i try so hard not to be "kind" in putting price.. because frankly it's tough to put price for every piece i make, because each of them is handmade and limited, the idea is so damn expensive and i feel when it's too cheap i feel worthless but if it's too pricey i'm afraid people won't buy it. hehehe.. but i always start from average price, when i get the capital back and earn few percents profit, it's more than enough and what's more important right now is that the business can go on first. hahaha.. there's a sentence i read somewhere (can't remember), it says, start from the lowest price you can think of, rather than giving a high price then lower it in the end. so my belief is that (hopefully it'll work) from the current price i have will go higher one day AMEN!]

2 comments:

Fenty Fahminnansih said...

panjang bener mel, bingung bacanya dari mana dulu, hehehe

aku juga pengen nih, usaha sendiri, semoga bisa sukses :)

the ugly duckling said...

hehhee iya nih mba fenty, tuntutan bilingual huhuhuhu T__T akan saya atur susunannya nih..

terima kasih mbaa

marii semangattt memulai usaha sendiri dan sukses bersama hehehe